DomaiNesia

Cara mengetahui Google global cache node

In Blog 252 views

Selamat malam lama tidak update 🙂 kali ini kita akan membahas mengenai Cara mengetahui Google global cache node pada network routing yang kita gunakan .

Apa itu Google global cache node ?

Kita pasti pernah akses youtube bukan ? ketika akses youtube komputer yang anda miliki akan melakukan request ke server youtube namun request tersebut tidak langsung mengakses ke server pusat youtube .

Request tersebut akan mencari perangkat cache terdekat google pada jaringan yang anda gunakan , perangkat tersebut di namakan Edge Node cache dari Google yang terpasang di beberapa internet provider yang kita gunakan .

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Google global cache node

 

Cara mendaftar partner Google global cache node ?

Mendaftar untuk menjadi partnet Google global cache node tidak semudah yang kita bayangkan , karena memiliki persyaratan yang cukup kompleks . di terima atau di tolak tergantung dari persyaratan yang kita penuhi Google tidak akan mudah menerima registrasi untuk menjadi partner jika kita tidak memenuhi persyaratan dari Google .

Untuk detail persyaratan bisa di cek pada website resmi dari Google global cache node : https://peering.google.com/#/infrastructure

 

Cara mengetahui Google global cache node pada jaringan kita ?

Jika kita memiliki koneksi internet atau katakanlah teman – teman berlangganan internet dengan provider tertentu kita bisa cek apakah di jaringan kita sudah terhubung ke Google global cache terdekat atau tidak .

Pada contoh kali ini saya menggunakan biznet home user dimana saya cek sudah terhubung ke Google global cache yang di miliki Biznet di setiap regional wilayah tempat kita tinggal .

Google global cache node

 

Sebenarnya cukup mudah , jika anda menggunakan linux maka perlu melakukan curl ke alamat berikut ini agar kita mengetahui apakah network yang kita gunakan sudah memiliki Google global cache node : curl -v redirector.c.youtube.com/report_mapping

Manfaat Google global cache node ?

Kalau kita bekerja sebagai network engineer mengetahui lokasi Google Global cache node ini sangat penting karena dengan begitu kita tahu maping area dari routing network ke ASN Google .

Jika network kita sudah terhubung ke Google Global cache dari provider upstream kita maka keuntungannya request ke kontent Google bakal lebih cepat karena sudah tercache di upstream kita sehingga mengurangi akses ke IP Transit atau bandwith internasional .

Terus keuntungan bagi user home seperti kita apa ? kita bakal akses konten dengan cepat karena tercache di lokal network milik provider internet yang kita gunakan sehingga akses hop tidak terlalu jauh 🙂 .

Demikian 🙂 pembahasan mengenai Cara mengetahui Google Global cache node semoga bermanfaat , bagi teman – teman yang ingin sertifikasi IPv6 gratis dan dapat hadiah menarik bisa cek panduan berikut ini : https://www.idipv6.com/2020/02/12/ipv6-certification-gratis-hurricane-electric/

 

Tags: #Cara mengetahui Google global cache node #Google global cache node #Panduan Google global cache node

author
Author: 
Hosting IPv6 indonesia Auto loadbalancer
Hosting IPv6 indonesia Auto loadbalancer
Selamat malam update malam ini berkaitan dengan
Hosting IPv6 Indonesia kecepatan super
Hosting IPv6 Indonesia kecepatan super
Selamat malam kembali lagi 🙂 kali ini
Menggunakan cloudflare rate limit anti ddos
Menggunakan cloudflare rate limit anti ddos
Selamat malam 🙂 berjumpa kembali kali ini
Gratis WP Rocket Original 1 Tahun
Gratis WP Rocket Original 1 Tahun
Selamat malam 🙂 lama tidak berjumpa ,
Cara mengaktifkan DNSSEC Cloudflare
Cara mengaktifkan DNSSEC Cloudflare
Selamat malam 🙂 kali ini kita akan

Leave a reply "Cara mengetahui Google global cache node"

Must read×

Top