Site icon ID IPv6

Mikrotik Delivery IPv6 Dualstack dengan L2TP

Selamat malam 🙂 kali ini kita akan membahas terkait Mikrotik Delivery IPv6 Dualstack dengan L2TP , beberapa waktu lalu kita sudah membahas mengenai Traffic Priority IPv6 Network bisa di cek di link berikut ini :

Bagaimana caranya menggunakan IPv6 jika ISP penyedia internet yang kita gunakan belum menyediakan IPv6 ? maka solusi paling bagus adalah dengan menggunakan VPN yang terhubung ke Server atau Router yang kita gunakan .

Pada kali ini kita menggunakan Mikrotik sebagai Router untuk delivery IPv6 menggunakan L2TP yang di sediakan oleh Mikrotik . L2TP sendiri sudah di support banyak Operating System termasuk Windows , Linux dan MacOS pada kali ini kita akan mencotohkan menggunakan Windows .

Mikrotik merupakan Router yang memiliki banyak fitur diantaranya sudah support untuk IPv6 dengan harga yang terjangkau tentunya menggunakan Mikrotik adalah pilihan yang tepat untuk kebutuhan kita .

Persiapan :

Untuk cara settingnya sangat mudah pastikan teman teman bisa memahami bagaimana cara setting L2TP dan ketika membuat user atau secret di mikrotik hal paling di penting di bagian Remote IPv6 Prefix [ di isi dengan alokasi IPv6 untuk user ]

 

Setelah itu setting pada bagian komputer yang anda gunakan untuk menghubungkan L2TP ke Mikrotik , untuk di Windows ketika terhubung ke L2TP Server maka akan ada interface baru yang bisa anda setting seperti gambar berikut ini .

Selanjutnya klik propertis dan setting pada bagian IPv6 selanjutnya anda bisa mengisikan alokasi IPv6 yang sudah ada anda buat untuk user L2TP klien .

Selanjutnya kita bisa test di alamat website berikut ini untuk test IPv6 kita apakah sudah berhasil atau tidak jika sudah berhasil maka akan tampil seperti gambar berikut ini : https://test-ipv6.com/

 

Terpantau IPv6 berjalan dengan normal untuk selanjutnya kita bisa test di komputer yang kita gunakan dan terpantau bisa ping ke website berbasis IPv6 , sesuai artikel sebelumnya bahwa jika suatu website atau server sudah tersedia IPv6 maka Traffic Priority akan menggunakan IPv6 seperti pada contoh hasil ping yang saya lampirkan .

 

Demikian pemabahasan mengenai Mikrotik Delivery IPv6 Dualstack dengan L2TP 🙂 semoga bermanfaat dan nantikan update tutorial terbaru kami .

Exit mobile version