Panduan cepat belajar dasar IPv6

In Basic 1448 views

😀 Tutorial kali ini herp akan memberikan cara mudah Panduan cepat belajar dasar IPv6 , tenang saja akan saya jelaskan sedikit demi sedikit. sehingga teman – teman bisa memahamainya , jika memang masih dirasa sulit , teman – teman bisa meninggalkan komentar dibawah.

MOHON DI BACA BAIK BAIK
  • Wajib memahami bilangan Biner , walaupun tidak mahir
  • Pernah belajar tentang IPv4 dan cara subnetting

 

1). IPv6 mempunyai Panjang 128 Bit , yang di bagi  8 kolom sehingga setiap kolom bernilai 16 Bit. di setiap 1 kolom terdapat 4 Bilangan Hexadesimal. IPv6 sendiri menggunakan Bilangan Hexadesimal , sehingga wajib teman teman memahami sedikit tentang Hexadesimal dan Bilangan Biner.

Teman – teman bisa lihat di gambar atas , bahwa 1 Kolom = 4 Bilangan Hexadesimal. nantinya kita akan belajar bagaimana merubah Bilangan Hexadesimal ke bilangan Biner.  Tujuannya apa ? kalau IPv6 di pecah ke Prefix Genap akan mudah , tapi jika ke Prefix Ganjil akan sulit maka perlu konversi ke Bilangan Biner 😀 , contoh Prefix Genap /128 = /120. contoh Prefix Ganjil = /128 = /127. /128 ini adalah Prefix dari Panjang IPv6 yaitu 128.

 

2). Gambar di atas ini adalah Panjang IPv4 = 32 Bit, di bagi menjadi 4 Kolom yang mana setiap 1 kolom bernilai 8 Bit. 😀 jadi ini adalah perbandingan sederhana antara IPv6 dengan IPv4. nanti kita akan bahas bagaimana cara ngitungnya . di sini teman teman wajib paham IPv4 biar tidak bingung kalau mau belajar IPv6.

 


3). 
Tabel di atas adalah tabel Perbandingan antara Bilangan Desimal dengan Bilangan Hexadesimal ( Kolom no 2 ). tabel ini sangat penting buat dasar belajar Bilangan Hexadesimal, jadi mungkin bisa di simpan buat belajar IPv6 nanti.

4). 😀 Sekarang kita akan belajar coba merubah Bilangan Hexadesimal di atas , menjadi Bilangan Biner. oh iya bilangan diatas adalah contoh dari IPv6 saya ambil 1 Kolom , untuk memudahkan dalam memahami bagaimana cara merubah Bilangan Hexadesimal ke Bilangan Biner. Ayo kita mulai !

Contoh Bilangan Hexadesimal diatas adalah ” 2 3 F A “. setiap Bilangan Hexadesimal (  2  3 F A ) akan kita rubah ke Bilangan Biner, Gambar di atas ada 4 Bilangan Hexadesimal jadi 4 Bilangan Hexadesimal di atas akan kita rubah satu per satu ke Bilangan Biner mulai dari 2 , 3 , F , A. 

  • Merubah Bilangan Hexadesimal A :   Rumus paling pamungkas jika kita inggin merubah bilangan Hexadesimal ke Biner , kamu harus lihat Tabel Perbandingan . cari nilai A , itu berapa di angka desimal ( Lihat tabel di atas ). kalau kita lihat Nilai A = 10 Desimal. 
  • Angka 10 Desimal ini yang akan kita rubah ke Bilangan Biner. Rumus selanjutnya adalah IPv6 Panjangnya =    128 Bit. IPv6 mempunyai 8 Kolom, Jadi 128 / 8 = 16 Bit.  1 Kolom IPv6 = 4 Bilangan Hexadesimal. Jadi Nilai 1  Kolom IPv6  / Jumlah Bilangan Hexadesimal dalam 1 Kolom = 16 / 4 = 4 Bit.
  • Kok Ribet Ya ? Jadi ini saya cuma menjelaskan lebih rinci maksud gambar di atas ” Biner 4 Bit Pertama ” nilai  4 Bit  tidak perlu di cari lagi sampai seterusnya , saya menjelaskan agar teman – teman tahu .

Gambar di bawah ini adalah hasil dari merubah Bilangan Hexadesimal 2 3 F A ke Bilangan Biner :

         Jangan lupa ya setiap bilangan Hexadesimal di atas saya rubah ke desimal sesuai tabel perbandingan diatas, baru saya rubah bilangan desimal tersebut ke bilangan Biner.

Ingat 4 Bit pertama Biner , lebih mudahnya itu kelipatan 1,2,4,8. Bilangan Hexadesimal dari 0 – 9 , A-F. kalau di rubah ke desimal 0 – 15. makanya nilai dari 4 Bit Pertama Biner = 15. 

Ingat gambar di atas , Bilangan Hexa A = 10 Desimal. kalau di rubah Biner , tingal cari angka dari 8,4,2,1 kalau di jumlah jadi 10 itu angka mana saja , baru di rubah 1. Lihat Gambar di atas contoh A.

Wajib anda memahami Bilangan Biner 😀 , karena di butuhkan sekali. jadi itu adalah penjelasan sederhana tentang IPv6 , bagaimana caranya merubah dari Bilangan Hexadesimal ke Bilangan Biner , Tutorial ini sangat Basic mohon di pahami dengan baik. 

 

 

 

 

 

DomaiNesia

Tags: #Belajar cepat IPv6 #Belajar Ipv6 #IPv6 dasar

author
Author: 
Panduan konfigurasi DNS Public IPv6 Google
Panduan konfigurasi DNS Public IPv6 Google
Selamat Malam 🙂 malam ini saya akan
IPv6 speedtest menggunakan IPerf
IPv6 speedtest menggunakan IPerf
IPv6 Speedtest adalah salah satu cara untuk
Subnetting IPv6 mudah dan cepat
Subnetting IPv6 mudah dan cepat
🙂 Dalam kesempatan kali ini , kita
Manfaat penting belajar Subnetting IPv6
Manfaat penting belajar Subnetting IPv6
🙂 Kesempatan kali ini , saya akan
  1. author

    jhony5 months ago

    mantap mas, ijin repost

    Reply
    • author
      Author

      Moh Ali5 months ago

      Selamat Pagi Mas Jhony

      Siap mas alhamdulillah jika bermanfaat , silahkan di pantau terus ya mas akan ada banyak materi tentang cloud computing

      Reply

Leave a reply "Panduan cepat belajar dasar IPv6"


Top
%d bloggers like this: